top of page
  • Instagram

Harta, Tahta, Austin Butler : Ini Dia Biodata dan Deretan Film Besar yang Dibintanginya!

Press Conference Austin Butler untuk film The Bikeriders di Sydney, Australia.                   

Source (Photo) : Don Arnold / Getty Images


Penulis : Nadira Salsabila


Dillies, siapa disini yang waktu kecil nonton film Sharpay’s Fabulous Adventure atau TV seri The Carrie Diaries? Kalau lo nonton pastinya udah nggak asing dengan nama Austin Butler dong ya…


Bukan cuma kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus, tapi tanggal lahir Austin Butler juga jatuh pada 17 Agustus tepatnya di tahun 1991 di Anaheim, California, Amerika Serikat. Dia merupakan aktor Hollywood yang mengawali karirnya sebagai salah satu aktor di acara TV Nickelodeon, Zoey 101 sekitar tahun 2007 - 2008. 


Namun, siapa sangka kalau 10 tahun kemudian dia masuk ke dalam A-List Actor atau jajaran aktor teratas menurut The Hollywood Reporter. Berikut adalah daftar film dan TV seri yang diperankan oleh Austin Butler beberapa tahun terakhir ini: 


The Bikeriders (2024)

Austin Butler sebagai "Benny" di The Bikeriders

Source (Photo) : Focus Features


Rating : R17+


Suka motoran? Film Action? Atau suka cerita tentang persahabatan? The Bikeriders jawabannya. Film ini terinspirasi dari buku Danny Lyon yang bercerita tentang masa kejayaan klub motor di era tahun 1960-an. Walaupun anak motor, mereka nggak arogan dan justru memiliki rasa kesetiakawanan yang erat. Namun, 10 tahun kemudian klub motor ini berubah karena semakin banyak anggota baru dan cabangnya di berbagai kota. Akhirnya klub motor ini berubah menjadi “geng motor” yang arogan. Saat itulah deretan anggota lama diuji kesetiaannya kepada satu sama lain. 


Austin Butler berperan sebagai Benny yang merupakan anggota  “The Vandals Motorcycle Club”. Dia menyebutkan dalam wawancaranya dengan The Hollywood Reporter kalau pada saat persiapan syuting The Bikeriders dirinya terbagi fokus dengan syuting Dune: Part Two yang sedang berjalan di Budapest selama beberapa bulan. Untungnya saat itu dia sempat diberikan waktu istirahat selama 2 minggu dan dimanfaatkan untuk kembali ke Amerika Serikat untuk menjalani proses latihan mengendarai motor tua untuk film The Bikeriders


Film yang disutradarai dan ditulis oleh Jeff Nichols tersebut dirilis pada 21 Juni 2024 di Indonesia. Sayangnya sudah turun layar, tapi jangan khawatir karena film ini akan dirilis di platform streaming digital pada 9 Juli 2024.


Dune: Part Two (2024)

Austin Butler sebagai "Feyd-Rautha" di Dune: Part Two

Source (Photo) : Warner Bros Pictures


Rating : PG-13


Setelah sukses dengan film pertamanya, Dune kembali dengan film sekuelnya, Dune: Part Two yang dirilis pada 28 Februari 2024 di bioskop Indonesia. Film bergenre Sci-Fi tersebut diadaptasi dari novel Dune karya Frank Herbert yang terbit pada tahun 1965. Film ini masih melanjutkan perjuangan Paul Atreides yang sebelumnya sudah lolos dari serangan House Harkonnen sampai akhirnya bertemu kaum Fremen dan menjadi Fremen sejati. Pertarungan antara keluarga Atreides yang diwakilkan Paul Atreides (Timothée Chalamet) dan keluarga Harkonnen yang diwakilkan Feyd-Rautha (Austin Butler) masih berlanjut dalam film ini. 


Dalam film ini, Austin berperan sebagai Feyd-Rautha, peran antagonis yang sulit dikendalikan dan sangat suka bertarung. Untuk mendalami perannya, Austin bekerja keras dalam berlatih adegan bertarung menggunakan pisau dan mengikuti program latihan khusus hingga massa ototnya bertambah 11 kilogram. Selain itu, menurut Denis Villeneuve, sutradara Dune: Part Two, Austin sangat berusaha untuk memberikan akting terbaiknya meskipun faktor cuaca saat syuting sangat panas, belum lagi mengingat Austin menggunakan bald cap tebal untuk memberikan kesan plontos pada kepalanya. 


Nggak heran, baru 5 bulan yang lalu film tersebut tayang, Austin Butler sudah dinominasikan pada acara penghargaann Kid'sChoice Awards dengan kategori “Favorite Villain” dan telah memenangkan The Astra Midseason Award dengan kategori “Best Supporting Actor” pada tanggal 3 Juli 2024. Kira-kira dia bakal mendapatkan penghargaan apa lagi ya? Kita tunggu aja jawabannya di awal tahun 2025 sebagai penutup musim ini.


Elvis (2022)

Austin Butler sebagai "Elvis Presley" di Elvis

Source (Photo) : Warner Bros Pictures


Rating : 16+


Elvis adalah film biografi drama yang dirilis pada tahun 2022 lalu dan disutradarai oleh Baz Luhrmann. Film ini bercerita tentang kehidupan Elvis Presley “King of Rock and Roll” dari bagaimana cara Elvis menjadi musisi terkenal, dan bermacam kontra dan sudut pandang publik terhadap penampilannya. FIlm ini juga menceritakan perseteruan Elvis dengan manajernya, Colonel Tom Parker (Tom Hanks). 


Dalam film ini Austin Butler berperan sebagai Elvis Presley, sebagai pemeran utama. Dia sangat totalitas saat memerankan sosok “King of Rock and Roll”, saking totalitasnya dia pernah mengungkapkan di acara “Actors on Actors” bersama Janelle Monáe kalau dirinya sampai nggak bertemu keluarganya selama 3 tahun karena harus menjalankan proses syuting di Australia. 


Usaha tidak pernah mengkhianati hasil, dengan penampilan memukaunya di film Elvis, Austin Butler mendapatkan banyak sekali nominasi dari acara-acara penghargaan bergengsi, bahkan dia memenangkan beberapa dari nominasi tersebut. People’s Choice Awards, BAFTA Awards, Golden Globe Awards, Satellite Awards, AACTA Awards, dan 13 nominasi dari acara penghargaan lainnya dapat dia menangkan di tahun 2022. Sedangkan di tahun yang sama dia juga mendapatkan 43 nominasi lainnya dari acara penghargaan dan kategori yang berbeda. Di antaranya, Austin Butler masuk ke dalam daftar nominasi untuk kategori “Best Actor” di Academy Awards (Oscar), Critics’ Choice Movie Awards, Screen Actors Guild Awards. Impresif sekali ya!


Buat Dillies yang belum nonton Elvis di layar lebar, yuk langsung aja nonton karena sudah tersedia di Netflix, HBO GO, dan Google TV. 


Masters of The Air (2024)

Austin Butler sebagai "Major Gale" di Masters of The Air

Source (Photo) : Apple


Rating: TV-MA (18+)


Dillies, lo pernah nggak penasaran sama suasana Perang Dunia Ke-2? Kalo lo penasaran, coba deh tonton TV seri Master of the Air yang udah tayang di Apple TV+ tanggal 26 Januari 2024. TV seri ini menceritakan tentang Angkatan Udara Kedelapan Amerika yang dibentuk tahun 1942 setelah peristiwa Pearl Harbor. Tim ini memiliki misi untuk mengembangkan kekuatan pengeboman jarak jauh Amerika yang pertama untuk melawan serangan Nazi. 


Setelah proses syuting Elvis rampung, Pemeran Colonel Tom Parker di film Elvis sekaligus sosok yang sedang menggarap TV seri Master of the Air saat itu, Tom Hanks, mengajak Austin Butler makan malam dan mengajaknya untuk menjadi salah satu pemeran utama, Gale “Buck” Cleven, di serial televisi tersebut. Setelah melewati proses syuting Elvis selama 3 tahun di Australia, beberapa minggu kemudian Austin kembali mengambil peran utama di Master of the Air dan menjalani proses syuting di Inggris selama 10 bulan. 


Once Upon a Time… in Hollywood (2019)

Austin Butler sebagai "Charles Watson" di Once Upon a Time… in Hollywood

Source (Photo) : Sony Pictures


Rating: R18+


Bercerita tentang masa kejayaan Hollywood pada tahun 1950 - 1960an dan redupnya karir seorang aktor Hollywood, Once Upon a Time… in Hollywood hadir dengan aktor-aktor besar, seperti Brad Pitt, Leonardo Dicaprio, Margot Robbie, Al Pacino, Austin Butler, dan masih banyak lagi. 


Austin Butler hadir sebagai Charles Watson, pemeran antagonis yang terlibat dalam suatu pembunuhan di dalam cerita film ini. Walaupun di sini dia menjadi pemeran pendukung, tapi perannya sangat penting. Dia mengungkapkan saat menerima peran di film ini, dia sempat dibingungkan oleh dua pilihan antara mengambil peran di Once Upon a Time… in Hollywood atau mengambil peran di Top Gun: Maverick


Buat lo yang penasaran sama film Once Upon a Time… in Hollywood, yuk langsung aja nonton di Netflix!


Film Austin Butler Yang Akan Datang

Nggak cuma film-film di atas, di tahun ini Austin Butler juga sedang menjalani projek film yang berjudul Eddington, produksi A24 yang disutradarai oleh Ari Aster dan dibintangi bersama aktor besar lainnya, seperti Joaquin Phoenix, Pedro Pascal, dan Emma Stone. Film horror ini, merupakan film dengan genre berbeda dari genre film yang biasa diperankan oleh Austin Butler. Rencananya Eddington akan rilis di tahun 2025.


Selain Eddington, aktor berusia 32 tahun tersebut juga sedang menjalani projek film Caught Stealing yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan akan menjalani projek film City on Fire yang masih belum diketahui siapa sutradaranya. Wah, siapa yang udah nggak sabar nunggu film-film terbarunya Austin Butler, nih?


Source: New York Times, Hollywood Reporter, Times, Forbes, Cinemablend, Esquire, GQ, CNN, Rollingstone, Detik, Kompas, NME, A24 Films, Film Updates (Twitter)


61 views0 comments

Comments


bottom of page