top of page
  • Instagram

Pembalap Mercedes Muda 'Andrea Kimi Antonelli' Raih Kemenangan F2 Pertama Di British Grand Prix

Penulis: Puti Nasheeta

Source (Photo) : Courtesy of Formula 1


Andrea Kimi Antonelli (17), merupakan pembalap Mercedes Junior Driver yang saat ini berkompetisi pada series FIA Formula 2 dengan tim Prema Racing. Pembalap kelahiran Bologna, Italia, 25 Agustus 2006 tersebut bergabung dengan Mercedes-AMG Petronas F1 Team di bulan April 2019 saat usianya 9 tahun. 


Antonelli memiliki prestasi gemilang pada karir kartingnya, Ia memenangkan title pada WSK Euro Series dan Super Master Series dalam kategori OK (Original Kart) Junior, serta menjadi runner-up FIA Karting European Championship dan juga mendapatkan posisi ke-5 pada FIA Karting World Championship pada tahun ini. Di tahun 2020, Antonelli berkompetisi pada kelas OK, dan mendapatkan title pada FIA Karting European Championship dan WSK Euro Series.  Pada tahun 2021, Antonelli berkompetisi pada beberapa karting internasional di kelas OK, sekali lagi memenangkan FIA European Championship sebelum naik level dan berkompetisi pada single-seater racing pada akhir musim di Italian Formula 4 dengan Prema Racing untuk 3 balapan terakhir, Antonelli berhasil menunjukan hasil yang memuaskan dan mencetak podium. 



Source (Photo): F4 Championship


Kemudian Antonelli menjadi pembalap di seri F4 dengan penuh mulai tahun 2023 hingga 2024. Dia berhasil Mencetak prestasi yang mengesankan, Antonelli memenangkan Italian F4 Championship, ADAC F4 Championship, FIA Motorsport Games F4 Cup, Formula Regional Middle East Championship, dan Formula Regional European Championship (FRECA). Kemenangan Antonelli pada karir Formula 4 membuat dirinya meloncatkan seri F3 dan langsung berkompetisi di seri Formula 2, dengan rekan timnya di Prema, Oliver Bearman (18), pembalap dari Ferrari Academy Driver yang berada di tahun ke-2 nya di Formula 2. Loncatan karir Antonelli membuat banyak pihak bertanya-tanya, “apa yang ingin dicapai oleh Mercedes?” 


Pada tahun pertamanya di F2, banyak tekanan yang dihadapi oleh Antonelli, mulai dari harus cepat beradaptasi dengan mobil di F2, hingga ekspetasi bahwa dirinya, cepat atau lambat, akan menemani George Russell pada kursi tim Mercedes-AMG Petronas di Formula 1. Performa Antonelli pada 7 balapan pertama membuatnya menjadi obrolan penggemar motorsport–meskipun berada di peringkat 10 besar championship F2, Antonelli belum kunjung mendapatkan kemenangan bahkan podium. Hal ini membuat perbincangan semakin panas. Mercedes mengorbankan beberapa drivernya untuk karir Antonelli menuju F1, namun dirinya tidak kunjung mencetak kemenangan. 



Source (Photo): KartXpress


Hingga pada akhirnya, Antonelli mencetak kemenangan pertamanya di F2 pada ajang British Grand Prix 2024 di Silverstone pada tanggal 6 Juli 2024. Antonelli memenangkan balapan Sprint Race, di mana hasil kualifikasi 10 besar dibalik posisinya hingga Antonelli mendapatkan posisi Pole dari P10. 


Kondisi cuaca di Silverstone dapat dibilang menantang untuk mobil-mobil yang berkompetisi pada minggu itu, F3, F2, bahkan kondisi track yang basah karena hujan masih menjadi tantangan untuk mobil balap F1. Banyak kecelakaan yang terjadi selama berlangsungnya Sprint Race tersebut; safety car, red flag, dan 6 pembalap tidak menyelesaikan akibat kondisi pada track, namun Antonelli berhasil mempertahankan posisinya sebagai race leader selama 21 putaran. 


Dengan gap sebesar 8.632 detik dari posisi kedua, kemenangan perdana Antonelli dapat dibilang cukup mengesankan. “Kemenangan ini sangat penting bagiku,” ucap Antonelli di Konferensi Pers. Para penggemar pun kembali menaruh harapan pada calon bintang F1 muda milik Mercedes-AMG Petronas F1 ini. Dengan kepergian Hamilton ke Ferrari, nama Andrea Kimi Antonelli telah menjadi buah bibir untuk melanjutkan talenta hebat tersebut. 


Wah, hebat banget ya, Dillies!!


14 views0 comments

Comments


bottom of page